Definisi website adalah Kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam
informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video
maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang
dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan
dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Website
memiliki beberapa jenis situs, diantaranya :
A. Website Statis
Website
yang mempunyai halaman tidak berubah. Website statis banyak digunakan untuk
website yang tidak harus selalu di update. Contoh: website profil perusahaan,
website katalog, dll
B. Website Dinamis
Website
yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Memiliki fitur
yang memungkinkan pengunjung website berrinteraksi dengan administrator
website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal
yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya. Contoh web
dinamis yaitu portal berita seperti detik.com, merdeka.com
C. Website Interaktif
Jenis
website ini pengunjung dapat berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang
menjadi pemikiran mereka. Website interaktif memungkinkan para pembaca untuk
berinteraksi dengan penulis atau dengan pembaca lain, misalnya bertanya atau
berkomentar atau mungkin juga saling menambah informasi dari apa yang mereka
baca. Umumnya berbentuk blog dan forum.
Manfaat
website bagi PR
PR
dengan menggunakan media internet dapat menghasilkan 3 R bagi suatu perusahaan,
yaitu:
•
Relations
→ mampu berinteraksi dengan berbagai target audiens untuk membangun hubungan
dan citra perusahaan.
•
Reputasi →
aset yang paling penting dalam suatu bisnis. merupakan suatu seni dalam
membangun reputasi online yang baik secara
berkesinambungan.
•
Relevansi
→ mengupayakan agar setiap inisiatif online anda relevan
dengan target audiens korporat anda.
Keunggulan
e-PR:
•
Komunikasi
yang terjadi konstan
•
Respon
yang cepat
•
Interaktif
•
Biaya
hemat
Manfaat
website bagi PR:
•
Memperluas
jangkauan promosi
•
Bisa
menjadi media tanpa batas
•
Promosi
yang luas
•
Media
pengenalan perusahaan
•
Dan
lain-lain.
Penerapan
website
a. Memperjelas
Sasaran
Dengan adanya sasaran yang jelas
akan memudahkan seseorang dalam mengelola website. Apakah website tersebut
digunakan sebagai pemasaran, layanan customer, atau tujuan lainnya.
b. Perbaharui
Konten
dengan konten yang terus
diperbaharui, pengunjung website akan mengetahui bahwa perusahaan masih aktif.
Pastikan pula tidak ada link yang rusak.
c. Hindari
konten out-of-date
Jangan biarkan ada konten yang
sudah terlampau lama dan tidak relevan dengan kondisi sekarang. Jaga
konten-konten di website agar tetap fresh dan aktual.
d. Informasi
dan Data Lengkap
Pastikan website memuat informasi
serta data-data dengan lengkap. Kelengkapan data pendukung akan memudahkan
dalam menerangkan tentang profil, produk, layanan, karyawan, dan informasi
lainnya.
e. Buat Tampilan Lebih Menarik
Menambahkan elemen visual melalui
desain grafis, chart, atau data pendukung lainnya. Representasi visual dapat
menunjang mitra kerja yang potensial dan akan lebih di mengerti pengunjung.
f. Perhatikan Penyusunan dan Pemilihan
Susun informasi pada website agar
lebih mudah dimengerti. Gunakan kata-kata umum dalam pemilihan judul artikel
serta nama-nama lain yang dipahami pengunjung.
g. Bangun Imej yang Positif
Tujuan dasar bagi kehumasan.
Website dibuat harus dapat mencerminkan citra perusahaan/instansi. Muat artikel
dengan menonjolkan sisi-sisi positif.
CPANEL
Cpanel adalah web
hosting control panel yang paling popular di dunia. Fasilitas ini memudahkan
pemilik akun hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang
dimilikinya.
Melalui Cpanel kita
dapat mengelola berbagai fasilitas hosting, diantaranya
a. Mengelola
email
b. Mengupload
website
c. Membuat
dan mengupload database
d. Melihat
statistic website
e. dll
0 komentar:
Posting Komentar