Website dan Penerapannya


            Definisi website adalah Kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
            Website memiliki beberapa jenis situs, diantaranya :
A.    Website Statis
Website yang mempunyai halaman tidak berubah. Website statis banyak digunakan untuk website yang tidak harus selalu di update. Contoh: website profil perusahaan, website katalog, dll
B.     Website Dinamis
Website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Memiliki fitur yang memungkinkan pengunjung website berrinteraksi dengan administrator website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya. Contoh web dinamis yaitu portal berita seperti detik.com, merdeka.com
C.     Website Interaktif
Jenis website ini pengunjung dapat berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Website interaktif memungkinkan para pembaca untuk berinteraksi dengan penulis atau dengan pembaca lain, misalnya bertanya atau berkomentar atau mungkin juga saling menambah informasi dari apa yang mereka baca. Umumnya berbentuk blog dan forum.

Manfaat website bagi PR
PR dengan menggunakan media internet dapat menghasilkan 3 R bagi suatu perusahaan, yaitu:
      Relations → mampu berinteraksi dengan berbagai target audiens untuk membangun hubungan dan citra perusahaan.
      Reputasi → aset yang paling penting dalam suatu bisnis. merupakan suatu seni dalam membangun reputasi online yang baik secara  berkesinambungan.
      Relevansi → mengupayakan agar setiap inisiatif online  anda relevan dengan target audiens korporat anda.

Keunggulan e-PR:
      Komunikasi yang terjadi konstan
      Respon yang cepat
      Interaktif
      Biaya hemat

Manfaat website bagi PR:
      Memperluas jangkauan promosi
      Bisa menjadi media tanpa batas
      Promosi yang luas
      Media pengenalan perusahaan
      Dan lain-lain.
Penerapan website
a.       Memperjelas Sasaran
Dengan adanya sasaran yang jelas akan memudahkan seseorang dalam mengelola website. Apakah website tersebut digunakan sebagai pemasaran, layanan customer, atau tujuan lainnya.
b.      Perbaharui Konten
dengan konten yang terus diperbaharui, pengunjung website akan mengetahui bahwa perusahaan masih aktif. Pastikan pula tidak ada link yang rusak.
c.       Hindari konten out-of-date
Jangan biarkan ada konten yang sudah terlampau lama dan tidak relevan dengan kondisi sekarang. Jaga konten-konten di website agar tetap fresh dan aktual.
d.      Informasi dan Data Lengkap
Pastikan website memuat informasi serta data-data dengan lengkap. Kelengkapan data pendukung akan memudahkan dalam menerangkan tentang profil, produk, layanan, karyawan, dan informasi lainnya.
e.        Buat Tampilan Lebih Menarik
Menambahkan elemen visual melalui desain grafis, chart, atau data pendukung lainnya. Representasi visual dapat menunjang mitra kerja yang potensial dan akan lebih di mengerti pengunjung.
f.        Perhatikan Penyusunan dan Pemilihan
Susun informasi pada website agar lebih mudah dimengerti. Gunakan kata-kata umum dalam pemilihan judul artikel serta nama-nama lain yang dipahami pengunjung.
g.       Bangun Imej yang Positif
Tujuan dasar bagi kehumasan. Website dibuat harus dapat mencerminkan citra perusahaan/instansi. Muat artikel dengan menonjolkan sisi-sisi positif.

CPANEL
Cpanel adalah web hosting control panel yang paling popular di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik akun hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya.
Melalui Cpanel kita dapat mengelola berbagai fasilitas hosting, diantaranya
a.       Mengelola email
b.      Mengupload website
c.       Membuat dan mengupload database
d.      Melihat statistic website
e.       dll






CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Follow me