Laus et Gloria Sebagai Salah Satu Wadah Bagi Para Pecinta Paduan Suara di Pontianak

           Komunitas merupakan wadah berkumpulnya individu-individu yang menunjukkan kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas keanggotaan seperti kesamaan tempat/daerah, kesamaan profesi, kesamaan hobi, dan lain sebagainya.
            Di Indonesia sendiri, terkhususnya di Kalimantan Barat terdapat banyak sekali komunitas seperti komunitas otomotif, komunitas seni, komunitas pecinta alam, komunitas pecinta hewan, dan lain sebagainya. Masing-masing dari komunitas tersebut pun memiliki tujuan bersama dan berbagai macam kegiatan positif  yang rutin mereka laksanakan agar terjalin kekompakan antar anggota komunitas.
            Komunitas paduan suara merupakan komunitas yang sangat memerlukan kerja sama lebih dan kekompakan karena untuk menyatukan berbagai macam warna suara menjadi satu perlu adanya pengontrolan ego sehingga tidak ada yang lebih dominan antar anggota.
Dilatarbelakangi oleh usainya kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi atau yang lebih dikenal dengan Pesparawi, para anggota Pesparawi Kalimantan Barat yang tidak tergabung dalam sanggar dan tidak memiliki tempat naungan untuk bernyanyi dalam sebuah komunitas paduan suara, maka dibentuklah sebuah komunitas yang pada awalnya bernama Gloria Obesee pada tahun 2014. Kemudian Gloria Obesee pun berganti nama menjadi Laus Et Gloria dan ditetapkanlah tanggal berdirinya komunitas ini pada tanggal 22 Februari 2014.
Anggota awal dari Laus Et Gloria ini berjumlah 24 orang dan kian bertambah hingga saat ini berjumlah 52 orang yang terdiri dari 29 perempuan dan 23 laki-laki. Dibimbing oleh Kristiana M. samosir, M.H , paduan suara yang baru berusia hampir 2 tahun ini telah meraih prestasi dalam festival Chrismas Choir Mall Ciputra sebagai juara 4(gold), juara 2 dalam festival PVGC, dan Juara ke-2 dalam Festival Musik Gameka.
Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh paduan suara ini adalah latihan rutin seminggu tiga kali yang dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, kemudian wajib mengikuti festival paduan suara minimal satu kali dalam setahun, dan mengisi acara di gereja-gereja di Pontianak.
Visi dari Laus Et Gloria ini adalah membangun generasi muda yang bertalenta. Dan misi dari Laus Et Gloria adalah meningkatkan dan mengembangkan potensi dalam berorganisasi, berkesenian, dan berkreasi dengan memanfaatkan imajinasi dan apresiasi serta sebagai upaya memaksimalkan proses belajar dan berfikir, sebagai pengembangan seni suara dikalangan generasi muda yang dapat melahirkan jiwa-jiwa muda yang dapat bernyanyi, sebagai penyanyi professional di Kalimantan Barat untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan, serta membina dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi paduan suara lainnya.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Follow me